Fakultas Teknik & Pengelolaan Sumberdaya Perairan

 

 

 

“Menjadi program studi Manajemen Pengelolaan Sumberdaya Perairan yang unggul dan berdaya saing di tingkat regional dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi berlandaskan Kasih untuk Tuhan dan Ibu Pertiwi pada tahun 2022”.

 

  1. Melaksanakan pendidikan tinggi Manajemen Pengelolaan Sumberdaya Perairan (perikanan) untuk menyiapkan tenaga professional dengan kompetensi sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia yang mampu bersaing secara global.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian inovatif untuk menjadi landasan dalam Manajemen Pengelolaan Sumberdaya Perairan (perikanan) secara berkelanjutan.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat secara professional dalam bidang perikanan.
  4. Meningkatkan publikasi karya ilmiah dalam bidang perairan (perikanan), pengembangan jejaring dan kemitraan pada tingkat regional, nasional dan internasional.
  5. Menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah dan swasta untuk kemajuan bidang perikanan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Tujuan

    1. Menghasilkan lulusan yang kompeten, profesional dan berdaya saing dalam bidang Manajemen Pengelolaan Sumberdaya Perairan (perikanan).

    2. Menghasilkan karya dan cipta inovatif di bidang perairan(perikanan)yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat pada tingkat lokal,regional dan nasional.
    3. Membantu masyarakat untuk pengembangan perikanan berkelanjutan melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat.
    4. Menghasilkanukarya ilmiahudan publikasiuhasil penelitianudalamutingkat nasionalumaupunuinternasional.
    5. Berkontribusi dalam peningkatan produksi perikanan baikusecaraumandiri maupunubekerjasamaudengan pihakulain.

Sarana

    1. Mampu  menguasai ilmu-ilmu dasar mengenai bioekologi perikanan
    2. Mampu  menguasai prinsip- prinsip dasar pendugaan potensi dan valuasi ekonomi  sumberdaya perairan.
    3. Mampu membuat evaluasi efek  aktivitasi  manusia dan alam tehadap sumberdaya  perairan.
    4. Memiliki kepekaan dan tanggung jawab  untuk menyebarluaskan  pengetahuan  tentang manajemen sumberdaya  dan lingkungan perairan.
    5. Mampu menerapkan  konsep dasar  pelestarian dan restorasi fungsi perairan  untuk mendukung peningkatan produksi perikanan  secara berkelanjutan.

Profil Lulusan

Peran yang diharapkan  dapat dilakukan oleh lulusan Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Perairan di masyarakat atau dalam dunia kerja adalah menjadi :

  1. Pengelola Sumberdaya dan Lingkungan Perairan
  2. Pengkaji
  3. Akademisi

Foto- foto Kegiatan: